Rabu, 24 Juni 2015

Si Ngalam Berudara Dingin

 

Malang merupakan salah satu kota besar yang ada di Jawa Timur. Pasti kalian bertanya-tanya kenapa dinamain kota Malang padahal kan "Malang" dalam kamus bahasa indonesia berarti bernasib buruk; celaka; sial: ia menerima nasibnya yang malang itu dengan penuh kesabaran. 
Sebenarnya nama kota Malang diambil dari nama sebuah candi tempat dimakamkannya para raja
terdahulu. Candi tersebut bernama "Malangkucecwara" yang kemudian lambat laun disingkat menjadi "Malang".( Sumber :http://www.seputarmalang.com/penulis/abe/memahami-arti-sebuah-nama-kota-malang-1/2319 )
Dahulu Malang tidaklah terkenal seperti sekarang ini.Sekarang, siapa sih yang tak kenal Malang? tidak ada kan?.Bahkan banyak para turis yang datang ke Kota Malang untuk tujuan rekreasi apalagi malang ini terkenal dengan cukup banyak kebudayaan, makanan yang rekomended serta ciri khas yang tidak dimiliki kota kota yang lain.Yuk kita simak apa aja sih keistimewaan kota Malang.


- Budaya yang unik
Salah satu kebudayaan Malang yang paling terkenal adalah Topeng Malangan. Topeng Malangan ini merupakan ini merupakan seni pemahatan topeng yang sesuai dengan ciri khas Malang.
( Sumber :https://dymasgalih.wordpress.com )

- Makanan yang mantab
Berbicara soal makanan, malang ini punya banyak sekali menu makanan yang wajib kalian coba. Tapi disini saya akan mendeskripsikan beberapa makanan terkenal yang sesuai dengan semua lidah nasional kita seperti Bakso. Bakso adalah makanan khas malang yang terbuat dari daging sapi olahan yang sudah digiling dan direbus. Bakso malang rasanya sangat berbeda dengan bakso yang lain. Bahkan bentuk bakso itu bermacam-macam sesuai dengan selera penjual seperti bundar, kotak. Biasanya bakso berkuah dilengkapi goreng , tahu rebus , mi kuning/putih , siomay. Harga bakso itu sendiri juga tidaklah mahal sesuai dengan kocek kita sobat. Selain bakso malang ada camilan khas malang yang bisa melengkapi kegiatan senggang kita. Cara pembuatannya pun tidak begitu sulit hanya tempe yang diiris tipis-tipis dicampur dengan adonan tepung lalu di goreng kering.Kripik tempe ini cocok untuk oleh-oleh kalian yang ada di luar kota.

-Ciri khas 
Malang terkenal bahasa walikan. Orang-orang asli malang biasanya menggunakan bahasa walikan ini dengan orang yang setara atau dengan orang yang lebih muda.Bahasa yang unik yang tidak diketahui oleh orang yang bukan asli malang.Dahulu katanya bahasa walikan untuk menyamarkan atau sebagai kata sandi diantara para penjuang agar bisa saling berkomunikasi.
 
Cukup menarik bukan kota Malang untuk dikunjungi...
Salam satu jiwa AREMA INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar